Teknik Membuat Tabel Distribusi Frekuensi
Posted by Daom on July 20, 2009
misalkan kita punya data nilai ulangan matematika dari 40 siswa sebagai berikut:
Siswa |
Nilai Ulangan |
1 |
75 |
2 |
70 |
3 |
75 |
4 |
60 |
5 |
65 |
6 |
60 |
7 |
45 |
8 |
55 |
9 |
75 |
10 |
70 |
11 |
85 |
12 |
80 |
13 |
75 |
14 |
60 |
15 |
65 |
16 |
60 |
17 |
55 |
18 |
65 |
19 |
65 |
20 |
65 |
21 |
80 |
22 |
75 |
23 |
65 |
24 |
65 |
25 |
75 |
26 |
80 |
27 |
65 |
28 |
65 |
29 |
75 |
30 |
65 |
31 |
80 |
32 |
65 |
33 |
70 |
34 |
75 |
35 |
75 |
36 |
65 |
37 |
85 |
38 |
85 |
39 |
65 |
40 |
75 |
untuk menyajikan data di atas dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi maka perlu ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:
1). menentukan Jumlah Klas Interval
untuk menentukan Klas Interval ditentukan dengan rumus Sturges
K= 1 + 3,3 log n
K = jumlah klas nterval
log= logaritma
n = jumlah data
karena datanya terdiri 40 siswa maka :
K = 1 + 3,3 log(40)
K = 1 + 3,3 . 1,60
K = 1 + 5,29
K = 6,29 dapat dibulatkan menjadi 6 atau 7
2). Menghitung rentang data
caranya yaitu data terbesar dikurangi data terkecil.
berdasarkan tabel di atas
data terbesar = 85
data terkecil = 45
maka rentang = 85 – 45 = 40
3). Menghitung panjang klas
panjang kelas = rentang di bagi jumlah kelas
40 : 6 = 6,67 atau dibulatkan menjadi 7
4). Menyusun Klas Interval
No Interval |
Kelas Interval |
Tally |
Frekuensi |
1 |
45 – 51 |
|
|
2 |
52 – 58 |
|
|
3 |
59 – 65 |
|
|
4 |
66 – 72 |
|
|
5 |
73 – 79 |
|
|
6 |
80 – 86 |
|
|
|
Jumlah |
|
|
5). Memasukan data menggunakan tally
No Interval |
Kelas Interval |
Tally |
Frekuensi |
1 |
45 – 51 |
| |
1 |
2 |
52 – 58 |
|| |
2 |
3 |
59 – 65 |
||||| ||||| ||||| || |
17 |
4 |
66 – 72 |
||| |
3 |
5 |
73 – 79 |
||||| ||||| |
10 |
6 |
80 – 86 |
||||| || |
7 |
|
Jumlah |
|
40 |
jika frekuensi sudah di temukan, kolom tally dihilangkan saja, sehingga menjadi tabel distribusi frekuensi.
cr9 said
kalau datanya berupa data rasio yang ada koma2 nya, maka kita akan kehilangan data (data tak terhitung) karena tak termasuk dalam selang2 kelas yang telah dibuat. Contohnya bila salah satu data ada yang bernilai 72,4, maka dia tak akan masuk selang kelas manapun, baik kelas 4 maupun 5. Lalu bagaimana cara membuat tabel frekuensi yang akurat untuk data-data rasio? mohon bantuannya, terimakasih..
noviana hanny said
copas bos…
arigatou gazaimasu… =)
(buat ngerjain tugas SP)
=P
Kakwan said
Makasih info nya . .:-)
dinna said
tolong bagaimana cr buat distribusi frekuensi nilai rapor dari 40 siswa.70,60,70,70,80.70,70,60,80,80,80,70,50,50,70,80,60,90,90,60,60,40,40,60,50,60,50,80,70,60,70,80,50,70,60,70,70,60,60,70.sampai pusing kepala tetap tdk bs.thks atas jawab and crnya buat distribusi frekuensi
dinna said
bgaiman jawabnya om said
dewinta stanie said
🙂
dewinta stanie said
bagaimana cara menentukan jumlah TALLY???
d s said
mohon penjelasannya
dwi prasetiyono said
log 40 itu hasilnya 1.60, bagaimana cara nyarinya? makasih….. saya bener” gak tau
maya said
kalau membuat tabel frekuensi dengan bilangan desimal bagaimana ya?
arif dthangker said
thanks ya guys
dini said
Terima kasih, infonya bermanfaat sekali..
buat web tangerang said
This page really has all of the information and facts I needed concerning this subject and didn’t know who to ask.
review said
terkadang pas nyari pakai aturan sturges untuk mendapatkan banyak kelas tapi pas dibikin kelasnya malah gk sesuai jumlah kelasnya.kadang kurang satu atau lebih satu.